LEXUS LFA 2009

January 3rd, 2010 by By auto # Car, Lexus

Konon, Toyota sebagai pabrik di balik peluncuran Lexus LFA ini berani menanggung kerugian hanya untuk melepas produk yang satu ini. Bisa jadi itu benar bila mengingat begitu banyak teknologi yang dicangkokkan Toyota pada mobil yang satu ini. Konon, 60% lebih dari mobil ini dibuat dari serat karbon sehingga bobot total mobil ini pun dapat ditekan secara maksimal.
Proyek LFA ini berawal di tahun 2000 lalu dan lima tahun kemudian, Lexus yang berada di bawah Toyota memamerkan mobil ini dalam bentuk konsep pada Detroit auto show. Lexus berencana hanya melepas 500 unit dimulai tahun 2010 nanti. Lexus hanya akan memproduksi sekitar 20 mobil per bulan sampai kuota itu terpenuhi dalam waktu sekitar dua tahun. Tak cuma itu, Lexus juga berencana untuk menyeleksi para peminat sebelum mengijinkan mereka membawa pulang mobil ini.
Sekilas melihat saja sudah nampak bahwa LFA ini memang mobil yang eksotis. Hanya ada dua tempat duduk yang disediakan Lexus LFA ini. Mesin V-10 berkapasitas 4.800cc diletakkan di bagian depan sementara tenaga yang dihasilkan mesin ini ditransfer ke roda belakang karena coupe ini tak menggunakan sistem all wheel drive. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 553 daya kuda dengan kecepatan maksimum sekitar 325km per jam.
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, 65% bagian dari mobil ini terbuat dari serat karbon sementara 35% sisanya dibuat dari aluminium. Ini juga yang menyebabkan proyek LFA ini jadi termasuk lama dalam penggodokan. Lexus awalnya berencana membuat kerangka dari aluminium namun di tengah proyek rencana ini berubah dan kini kerangka dibuat dari anyaman serat karbon. Keputusan ini berdampak pada penurunan berat total sekitar 100kg.
Penggunaan serat karbon ini bukan hanya karena keinginan menurunkan bobot mobil. Menurut chief engineer Lexus, dengan serat karbon maka sudut bodi dapat dibuat lebih tajam sehingga tingkat aerodynamic pun ikut meningkat. Dalam pengujian, Car and Driver mencatat waktu3,7 detik untuk mencapai kecepatan 100km per jam. Selain itu situs ini juga menyebutkan bahwa dalam kecepatan tinggi, LFA ini masih tetap stabil dikendarai.
Situs ini juga menyebutkan dalam soal pengendalian, LFA ini terasa sangat mantap meskipun sepenuhnya menggunakan sistem elektronik. Kalaupun ada keluhan, situs ini hanya menyebut soal transmisi yang sedikit kasar pada mode automatic dan lebih menyarankan menggunakan sistem manual yang lebih halus. Senada dengan Car and Driver adalah pendapat Car Magazine walaupun situs ini juga menyebutkan bahwa desain instrumen pada dashboard termasuk menarik. CNet malah hampir tidak menyebutkan satupun kelemahan dari mobil yang mereka anggap evolusi dari Toyota Supra ini

source : unsri




mobil lexus,GAMBAR MOBIL LEXUS
stumbleupon

Leave a Comment

*

  • Image Gallery